Monday, March 23, 2015

Si Buas dari Austria, KTM RC Series

Greetings...

Masih berkaitan dengan episode sebelumnya disini tentang test ride KTM, tapi pada episode kali ini gue akan membahas tentang detail motor buas yang satu ini. Mulai dari mana ya ? dari desainya aja ya..


Yup, Antara RC 200 dan RC 390 memang memiliki guratan desain yang serupa, bedanya apa ? bedanya itu hanya pada permainan warna dan striping saja. Lalu lainya bagaimana ? ya sama persis alias kembar dan juga gue mau minta maaf atas kesalahan data pada seat high yang tertera di episode sebelumnya ternyata kedua motor ini memiliki ketinggian tempat duduk yang sama juga yaitu 820 mm dari tanah.


  

Ketika pertama kali melihat wajah motor ini apa yang akan anda katakan ? hehe memang nyeleneh dan agak aneh tapi beda ! lampu utama di dukung 2 buah projector tanpa rumah lampu dan terdapat bagian yang mancung lurus kedepan di bagian bawahnya tempat untuk lampu senja bertengger. Terus visornya guys, ukuranya besar banget sampai menutupi seluruh wajah si RC. Penempatan lampu seinya pun lain dari yang lain yaitu di spion, kaya GSX gitu. Spionya juga termasuk tinggi menjulang namun tidak terlalu besar desainya pun terlihat segaris dengan body. Jadi ya, bagian wajah RC series dominan dengan visor yang jumbo.


Yuk kita pindah ke area kokpit, terapat sebuah panel speedometer full LCD digital dengan bentuk kotak persis sama punya Duke 200/390. Lalu bagian kemudi, ada yang unik disini yaitu posisi stang yang rata dengan yoke, wah nggak bener nih, tapi kok keren ya ? malah kelihatan simpel dan manis, desain yokenya pun di buat berongga dan berbentuk melekuk mengikuti bentuk speedometer, letak kunci tepat di bagian tengah namun sayang tanpa pengaman magnet. 

Nah, kalian mau tahu bagaimana speedometer ini saat menyala ? silahkan liaht ya di video berikut, cekidot...


Bagaimana speedometernya saat menyala ? keren bukan ? apa bukan keren ? disaat kontak kunci di putar terdapat sapaan "Ready To Race" beeeeuuh ! emang bener ini RC di desain untuk Race Competition.



Dari kokpit pindah ke bawah, hmmm KTM RC series di bekali suspensi up side down dan bentuk spakbor yang.... aneh dan kurang senada dengan body guys. Spakbor depan RC hanya seperti sebuah papan tanpa banyak aksen aneh- aneh tapi kok bentuknya malah aneh. Apasih yang ditutupi oleh spakbor ? ya, ada ban, di depan ukuranya 110/70-17 di topang oleh sebuah velg berbentuk huruf Y mirip punya R25 ya. Perangkat pengeremanya di dukung kaliper keluaran Byber (jangan di tambahin Justin ya depanya, awas aja) Bybre merupakan anak perusahaan dari Brembo yang juga di pakai Bajaj. Nah, ada perbedaan lagi nih antara RC200 dan RC390 pada perangkat pengeremanya, pada RC200 belum di lengkapi dengan ABS sedangkan RC390 sebaliknya. Yang di foto itu adalah milik RC200 guys.   


Puas ya bahas bagian depan sekarang ke belakang sedikit yok kita bahas fairingnya, hmmm bentuknya sangat sederhana tidak ada lekukan aneh- aneh terlihat bersahaja namun sporty banget aura motor balap kental terasa di bagian fairing ini. Dapat dikatakan bentuk fairing seperti ini timeless alias nggak akan di lekang zaman, intinya nggak akan terlihat jadul.


Kebelakang lagi (bukan ke wc ya maksudnya) kita lihat bagian sasis, walaaaaaaah ini nih yang mendongkrak abis- abisan tampilan RC, Sasis tubular yang di lebur cat orange membuat RC terlihat angker dengan besi- besi yang saling tumpang tindih sebagai sasisnya top gan ! eh suspensi belakang itu karena posisi foto ya aslinya nggak tegak gitu tapi rada rebah dan KTM kembali menonjolkanya dengan memberikan kelir putih pada suspensi belakang. Lalu bagian swing Arm, desainya sama persis seperti Duke ya memang sama antara Duke dan RC itu memang 1 platform. Kembali ke swing arm, desainya terlihat begitu kekar dengan bagian penguatanya di posisikan di bagian luar memberikan kesan seperti sebuah urat- urat gitu guys maknyos !.

Knalpot pada RC series terletak di bawah mesin atau istilah kerenya underbelly dan di tongolkan sedikit di ujung fairing tepat di bawah foot step. Terlihat makin simpel dan sporty banget nih motor.

 

Dari belakang, kita kedepan lagi dan naik keatas, bagian tangki, bentuknya sedikit mengotak dengan sudut- sudut yang tajam dan nggak lebay banyak liak- liuk membuatnya begitu senada dengan fairing yang simpel. Begitu juga dengan joknya, nggak banyak embel- embel simpel tapi sporty abis. Nah, ada yang unik nih guys bagain buritan dari RC series ini memang terlihat single seater ternyata eh ternyata nggak loh bagain body belakangnya itu empuk loh dan nyaman untuk diduduki. KTM memang genius membuat desain jok belakang seperti sebuah buritan motor balap yang single seater, Briliant ! jadi jangan tertipu ya guys.

"Bokong"
Sekarang giliran bagian bokong, ya, "bokong" dengan ban berukuran 150/60-17 tampilan RC ketika dilihat dari belakang memang aduhai sexy nya. Memang ciri khas motorsport tulen yaitu spakbor belakang model gantung dan lampu sein menonjol keluar, sudah LED loh ini seinya. Terus lampu belakang dari RC cuma segaris tok dengan teknologi LED juga. Biarpun bertema racing namun KTM sepertinya tidak mau mengkorbankan masalah kepraktisan, bisa dilihat pada buritan RC terdapat pegangan untuk bongcenger dan kemudahan menggeser saat parkir pokoke mantap !

Eh, tunggu dulu mau denger suara KTM RC390 ? ini gue ada videonya tinggal di klik aja di bawah ini, tapi jangan kaget ya karena begitu di klik langsung "ROOOAAAARRR !!!


Kita telah sampai di ujung penantian (halah galau nih) eh bukan tapi di ujung pembahasan jadi kesimpulanya KTM RC series merupakan sebuah karya yang luar biasa dari KTM, komposisi antara mesin yang buas di padukan dengan desain yang luar biasa menghasilkan produk yang patut di berikan banyak jempol serta penghormatan. Semoga berguna dan dapat menjadi referensi. Ok sampai disini saja awalnya dan Hapusajakhirnya...  

  
Baca Juga : 


 

No comments:

Post a Comment