Friday, March 13, 2015

Yamaha Max Series Meet Up

Greetings...

Sebenarnya gue sudah mendapatkan bahan untuk episode ini sudah lama kira- kira ya sekitar 2 hari yang lalu namun dikarenakan kesibukan yang nggak berhenti- henti dan membuat gue malas menulis saat sudah dirumah. Pada akhirnya gue memiliki waktu luang di pagi- pagi yang diwarnai rintik hujan ini.

Ok ! melihat dari judulnya kali ini gue akan membahas tentang Max series yaitu seri sepeda motor yang di cetus oleh Yamaha. Klan Max, diawali dengan kemunculan Tmax 500 pada tahun 2001. Tmax 500 merupakan maxi scooter dari Yamaha dengan spek yang sangat tinggi dan keren pada jaman kemunculanya. Desain yang terlihat "wah" dengan sepasang lampu depan yang lebar membuat wajah Tmax terlihat begitu manis.


Tmax 500 first generation


Tmax 500 second generation
Pada generasi selanjutnya Tmax 500 berubah menjadi sebuah maxi scooter yang sporty dan garang, sepasang mata yang tajam, bodi yang menyudut dan ekor yang meruncing membuat tampilan manis pada Tmax generasi kedua ini hilang tergantikan menjadi sebuah scooter yang garang. Tidak berhenti sampai disini karir Yamaha Tmax terus meroket dan pada akhirnya Yamaha memutuskan untuk menaikan kapasitas mesin Tmax dari 500cc 2 silinder DOHC menjadi 530cc 2 silinder DOHC dengan tampilan yang nyaris berubah total di bagian wajahnya pada tahun 2012.

 
Yamaha Tmax 530 first generation
Yamaha benar- benar melakukan gebrakan yang menggemparkan dunia dengan kemunculan Tmax 530 yang hingga kini mandapat penghargaan scooter paling keren di muka bumi. Dan kini di tahun 2015 Yamaha telah melakukan sentuhan tebaru pada desain Tmax yang membuatnya semakin keren.

Yamaha Tmax 530 second generation
Max series masih berlanjut, anggota keluarga Max yang kedua adalah Xmax yang di isukan juga akan ikut meramaikan pasar motor matic gambot kelas 250cc di tanah air. Xmax merupakan Max series dari Yamaha yang memiliki 3 jenis mesin yaitu 125cc, 250cc dan 400cc. 

Berpusat di eropa karir Xmax juga sebaik sang kakak pertamanya, mulai tahun 2005 Yamaha merilis scooter perkotaan ini desainya seperti apa sih ? bisa di lihat di bawah ini.

Yamaha Xmax 125/250 first generation

Yamaha Xmax 125/250 second generation
Hingga pada tahun 2014 Yamaha melakukan gebrakan pada desain Xmax dengan desain yang menganut kontur tubuh sang anak pertama Tmax.

Yamaha Xmax 125/250 third generation
Desain antara Xmax 125 dan 250 memang terbilang sama namun tidak persis banget. Perbedaanya hanyalah pada detail- detail yang kecil, seperti cover cvt atau swing arm.

Di tahun yang sama dengan rombakan desain Xmax, Yamaha pun juga meluncurkan versi tertinggi dari Xmax dengan mesin 400cc. Masalah desain Xmax 400 terlihat lebih gagah, besar dan terlihat begitu berotot.

Yamaha Xmax 400
Apakah keluarga Max series ini hanya ada 2 ? tidak ! Max series masih ada anggota lainya. Kali ini bukan dari tanah Eropa melainkan dari Asia, Yamaha kembali meluncurkan salah satu anggota keluarga Max series yang terbaru yaitu Smax tepatnya tahun 2013 di Taiwan. Di bekali mesin 155cc, Smax menjadi sebuah scooter yang lincah dengan desain yang kompak dan menjunjung tinggi aerodinamika.
 
Yamaha Smax 155
Sempat diisukan akan di rilis di Indonesia namun, isu hanyalah isu dapat di pastikan kenapa Yamaha Indonesia enggan merilis sebuah scooter performa ini di Indonesia adalah masalah pada desainya. Bukan tidak bagus atau jelek, desain Smax sudah terlihat baik dan smooth namun masalah utama adalah pada wajah
Smax, pertama kali melihat langsung otak para biker Indonesia tertuju pada satu nama scooter matic Yamaha yaitu Mio Soul, Ya memang wajahnya dapat di katakan sangat mirip. Mungkin desainernya adalah orang yang sama dahulu.
Nah, apakah Smax merupakan anggota terakhir Max series ? tidaklah kita semua sudahlah tahu bawha ada satu lagi anggotanya. Kali ini anak bontot dari Max series merupakan kelahiran asli Tanah Air Indonesia Raya. Nmax ! namanya sedang naik daun kini karena harga yang menggiurkan dan desain yang elegan serta fresh.
Yamaha Nmax 155
Pada tubuh Nmax ternyata dibenamkan mesin yang sama dengan sang kakak terdekatnya yaitu Smax. Berkapasitas mesin yang sama 155cc dan sasisnya pun di rumorkan sama pula. Jadi sudah jelas anggota keluarga Max series dari Yamaha ada 4 yaitu, Tmax, Xmax, Smax dan Nmax apakah akan bertambah lagi ? entahlah hanya Yamaha dan Tuhan yang tahu.
Belum selesai sampai disini, bagaimana kalau anak sulung max series bertemu anak ragilnya dan akur saling bersebelahan ? coba bayangkan, apa sudah bisa membayangkan ? bila tidak bisa silahkan lihat gambar di bawah ini.


Berlokasi di dealer flag ship Yamaha DDS cempaka putih Tmax yang di sandingkan dengan Nmax adalah milik juragan helm. Dan foto ini gue dapatkan dari temen gue melalui whatsapp.

Jadi bagaimana perbandinganya ? ya makin terlihat imut- imut ya Nmax, tapi tetep nggak kalah kok desainya. Bisa kita lihat Nmax mewarisi desain Tmax di bagian leg shield dan lampu seinya. Posisi dan bentuknya serta penempatan logo garputala Yamaha yang hampir sama. Selesai deh pembahasan Max series Yamaha semoga bermanfaat ya.

Ok sampai disini saja awalnya dan Hapusajakhirnya...
FYI : gue nggak tau hubunganya Max series matic Yamaha dengan Vmax

No comments:

Post a Comment