Wednesday, February 25, 2015

Perbandingan Dimensi Yamaha NMax dengan Maxi Scooter Lain

Greetings...

Mumpung masih anget dan ada beberapa blog- blog ternama yang telah membahas perbandingan model dan dimensi Yamaha NMax dengan beberapa maxi scooter lainya. Alhamdulillah gue punya temen- temen yang tergabung dalam komunitas Majesty Indonesia yang sering berbagi foto- foto update tentang Yamana NMax di group whatsapp dan gue dapet beberapa atau cuma dua biji sih sebenernya foto Yamaha NMax yang disandingakan dengan maxi scooter lainya yang pertama ini dia.

Yamaha Majesty YP 125 dan Yamaha NMax
Yup foto diatas adalah foto keluarga maxi scooter Yamaha yaitu Yamaha Majesty YP 125 dan Yamaha NMax di ambil di sebuah dealer di pulau dewata Bali. Bisa di lihat biarpun hanya bermesin 125cc 1 silinder SOHC 2 klep ukuran badan Majesty emang gambot di bandingkan dengan NMax yang bermesin 155cc 1 silinder SOHC 4 klep malah lebih kecil. Bukan efek posisi loh ya tapi emang bener Majesty lebih gede di banding NMax. Lanjut lagi modelnya hmmmmmmm sebenernya sih selera masing- masing ya tapi gue bilang Majesty YP 125 yang memulai karirnya dari tahun 2000 memiliki bentuk tubuh yang sexy dan terbilang timeless alias nggak ada bosenya ngeliat nih motor biarpun usia desainya sudah menginjak remaja yaitu 15 tahun dan adiknya NMax modelnya udah pernah gue bahas disini. Perbandingan ukuran dari keduanya bisa dilihat dari data di bawah ini :

Yamaha Majesty YP 125
P x L x T = 2065 x 740 x 1240 (dalam mm)
Jarak sumbu roda = 1500 mm
berat isi = 144 kg

Yamaha NMax 155
P x L x T = 1955 x 740 x 1115 (dalam mm)
Jarak sumbu roda = 1350 mm
Berat isi = 127 kg

Sudah jelas ya ukuran NMax memang lebih kecil dari Majesty dan beratnya pun beda 18 kg. Kenapa beda banget sih ? menurut gue Yamaha Majesty itu merupakan sebuah scooter yang di peruntukan untuk cruising atau perjalanan jauh di perkuat dengan adanya tulisan di speedometer For Luxury Cruising. 


Lalu untuk NMax di buat lebih kompak karena menyesuaikan keadaan lalu lintas kini yang semakin padat dan juga NMax merupakan sebuah sport matic yang mengutamakan kelincahan serta untuk bermanuver bebas makanya ukuranya lebih kecil. Tapi untuk lebarnya eh sama persis loh, kalau perbedaan panjangnya  110 mm dan tingginya lumayan beda yaitu 145 mm, ini dikarenakan windshield pada Majesty lebih tinggi, lalu jarak sumbu rodanya beda 150 mm wew jauh juga ya bedanya. Oh ya yang di foto itu Majestynya sudah di modifikasi bagian depanya sudah tidak ada windshield lagi, aslinya tuh seperti ini.

Tampak depan Majesty YP125
Lanjut ! foto di bawah ini gue dapetin dari orangnya langsung Om Irwan Chaniago yang mengirimkanya ke group whatsapp Majesty Indonesia. Om Irwan disebut- sebut sebagai pemilik Yamaha NMax pertama di Indonesia beliau mengambil warna putih dan beliau juga punya Suzuki Burgman 250 S. Nah ! perbandinganya gemana ? ini dia.

Yamaha NMax 155 dan Suzuki Burgman 250
Jomplang ya, memang Suzuki Burgman tuh bodinya gede banget dan lebih gede lagi dari Yamaha Majesty seberapa besar perbedaanya lihat data di bawah ini :

Suzuki Burgman 250 Type S :
P x L x T = 2270 x 760 x 1225 (dalam mm)
Jarak Sumbu roda = 1590 mm
Berat = 173 kg

Yamaha NMax 155
P x L x T = 1955 x 740 x 1115 (dalam mm)
Jarak sumbu roda = 1350 mm
Berat isi = 127 kg

Yah memang jauh banget beda dimensinya, panjangnya beda 155 mm, lebarnya nggak beda jauh ternyata hanya 20 mm dan tingginya beda 110 mm, serta jarak sumbu roda terpaut 240 mm untuk berat jangan di tanya lah beda 46 kg boooo ! jelaslah dari mesinya saja beda 100 cc.

Jadi bisa kita lihat disini dari ke tiga Maxi Scooter yang di bahas yang paling besar adalah Suzuki Burgman 250 Type S dan tokoh utama Yamaha NMax menjadi yang paling imut- imut. Ada yang cukup mengejutkan ternyata Majesty memiliki ukuran tinggi yang paling besar bahkan lebih tinggi dibanding Suzuki Burgman. BTW, gue pernah loh nyobain Suzuki Burgman milik seorang idola anak muda masa kini yaitu Om Pujo ini buktinya, hehehe.

Bersama Suzuki Burgman 250 Type S milik Seorang Idola
Masih terus yang punya NMax jangan minder untuk gabung bareng komunitas Maxi Scooter karena dimensinya yang termasuk imut, gue yang bawa sport 150cc aja PD gabung. Ok sampai disini saja awalnya dan Hapusajakhirnya...

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Bro kalo majesty walau dah 15 tahun tapi kok harga ga turun2 ya... Kisaran 20-25jt.. Pdhl 125cc... Kl nmax 150 tp hrg ga beda jauh.. Apa yg bikin majesty spesial banget ya?? Paling terbaru majesty tahun brp ya??thx bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Majesty barang langka dan kualitas part2nya nomor 1, bentuk bodynya jga timeless alias nggak bakal bosen kalo diliatin, posisi duduk paling nyaman di kelasnya. Majesty terakhir masuk ke Indonesia tahun 2004 bro.

      Delete