Friday, March 13, 2015

Balada Honda CS1

Greetings...



Honda CS1, apakah diantara kalian ada yang belum mengenal atau bahkan belum pernah melihat wujud motor keluaran pabrikan sayap mengepak ini ? Gue nggak yakin kalau masih ada biker di Indonesia yang nggak tahu motor fenomenal dari Honda ini.

Bernama CS1 merupakan singkatan dari City Sport One bertajuk comfort, speed, action become one dan juga ada jargon The Top City Ride. Sempat menyedot perhatian para biker Indonesia karena CS1 di gadang- gadang sebagai sepeda motor dengan spesies baru. Dengan mendengarkan keinginan konsumen, Honda berusaha menawarkan konsep baru kepada para pecinta sepeda motor dan hasilnya briliant, menyatukan antara underbone dan sport menjadi sebuah satu menghasilkan sesuatu yang berbeda. Desain yang di tawarkan masuk dalam kategori keren, lekukan body yang tajam, menyudut meningkatkan aura sporty nan futuristik ketika mata melihat pertama kali. 

Tahun 2007, merupakan awal dari kemunculan sosok fenomenal ini. Honda pun merilis sepeda motor ini besar- besaran dengan menayangkanya secara live di salah satu stasiun televisi swasta. Animo masyarakat akan spesies baru begitu besar dan tidak sedikit yang langsung kepincut dengan CS1 ini yang di bekali mesin 125cc SOHC 4 katup bersuplai bahan bakar karburator asli turunan Sonic 125 asal Thailand.

Namun, apa daya usaha dan development Honda yang maksimal untuk motor ini tidak bermekaran dan semerbak seperti produk lainya. Dari bulan ke bulan pun penjualan CS1 melempem makin ciut tergerus produk lain. Refreshment berupa warna dan striping tidak membuahkan hasil yang sejalan dengan apa yang diharapkan Honda. Hingga pada akhirnya Honda dengan sangat terpaksa menyuntik mati sosok fenomenal, bebek sport pemula ini. Berbagai pertanyaan pun muncul setelah keputusan Honda untuk melakukan discontinue pada produknya ini. Lalu mengapa bisa sepeda motor yang berdesain futuristik dengan teknologi advance bisa- bisanya tidak laku.

1. Desain      

Hmmm, memang banyak julukan yang di terima oleh CS1 ini mulai dari (mohon maaf) Domba Garut karena bagian kepalanya yang maju kedepan dan visornya yang tinggi bak tanduknya dan ada lagi yang bilang (mohon maaf lagi) motor o'on, loh kok kejam banget sih. Orang- orang yang mengatakan itu bukan tanpa alasan tapi mereka beranggapan seperti itu karena saat stang di belokan lampu tetaplah lurus kedepan, Lah lah bukanya sport fairing juga begini ya ? tapi entahlah gue sering banget mendengar julukan yang haturkan ke CS1 ini. Tapi lihat lagi deh Hellow ! CS1 itu keren loh, beda banget dari pada produk lain yang modelnya cenderung konvensional gitu- gitu aja. Speedometer full digital, lampu depan kembar 2 buah dengan lampu sein yang terpisah dan lampu senja yang terselip di atas lampu sein memberikan kesan mewah saat menyala dan perpaduan bentuk yang terlihat beda, apalagi kalau sudah di modifikasi dengan ban gambot misalnya, makin keren aja. Namun, bisa juga karena desainya yang beda dan tidak biasa ini lah yang membuat para konsumen enggan melirik untuk memilikinya.



2. Mesin

Walah, gue nggak yakin kalau penjualan CS1 yang layu karena faktor mesinya. Berkapasitas 125cc SOHC 4 klep berpengkabutan karburator serta di lengkapi dengan pendingin cairan radiator dan memiliki 5 speed, Coba, speknya sudah tinggi. Honda sudah memberikan yang terbaik di bagian mesin untuk CS1. Jadi menurut gue nggak mungkin CS1 nggak laku karena mereka melirik mesinya.

3. Fitur

Apa saja fitur pada Honda CS1 ? ok kita mulai satu per satu. Dari fitur keamanan, CS1 di bekali rem cakram ganda, dan kunci kontak berpengaman magnet. Fitur ruang penyimpanan, memang CS1 tidak memiliki bagasi yang luas di bawah joknya ya ini kan bebek sport yang tidak identik dengan bagasi yang luas, namun CS1 punya bagasi kecil di bagian depan jok yang cukup praktis untuk penggunanya. Sepertinya fitur tidak ada masalah ya.  

4. Harga

Nah, sampailah kita disini. Awal mula Honda membandrol CS1 memang termasuk tinggi gue masih ingat yaitu Rp. 16.975.000 atau nyaris 17 juta ya bro dan harga itu merangkak naik terus menerus hingga terakhir menyentuh Rp.17.550.000. Termasuk mahal ? ya memang untuk motor 125cc tapi lihat dengan spek di atas sepertinya pantas- pantas saja. Tapi, lagi- lagi kembali ke konsumen, banyak yang merasa nanggung dengan membeli CS1 seharga 17 jutaan tinggal nambah sedikit lagi mereka dapat Megapro dengan mesin yang lebih besar yaitu 160cc tapi speknya di bawah CS1. Mungkin ini yang menjadi halangan lagi para konsumen untuk meminang CS1 menjadi tungganganya.

Di awal tahun 2015 Honda gelagat Honda yang akan melahirkan kembali sosok CS1 ini mulai tercium. Blog- blog besar tanah air sudah heboh memberitakan kelahiran kembali CS1 dengan julukan CS1 reborn bermesin 150cc DOHC. Modelnya pun kuat di yakini adalah ayam jago macam Satria Fu. Sepertinya Honda sudah kapok coba- coba melahirkan spesies baru di Indonesia dan berbalik arah mengikuti arus perkembangan permintaan sepeda motor Indonesia.

Hmmm, apakah nama CS1 masih akan di pakai di produk ayagonya ini ? dan apakah masih pantas digunakan lagi ? menurut gue masih CS1 bukanlah motor yang sembarangan. Dia mati karena maju terlalu jauh dan konsumen belum siap kasusnya mirip- mirip Suzuki FXR. Ok sampai disini saja awalnya semoga bermanfaat dan Hapusajakhirnya...   

No comments:

Post a Comment