Tuesday, March 17, 2015

Perbandingan Visual 3 Scooter


Greetings...

Hallo para pembaca, kesukaan seseorang akan sesuatu (bukan sesuatunya Syahrini ya) itu memang beda- beda. Sebagai contohnya kesukaan akan jenis sepeda motor, ada yang suka jenis sport, underbone (bebek), atau scooter. Kali ini gue akan membahas lagi- lagi tentang scooter. Scooter apa itu ? bisa di tebak kayanya, ya Yamaha Nmax. Dari episode sebelum- sebelumnya disini, disini, disini, dan disini memang HSA banyak banget membahas dan mengupas tentang Yamaha Nmax. Selain gue suka dengan scooter gambot macam Nmax bahan berita akan Nmax juga melimpah di gelontorkan oleh salah satu teman gue Om Krishna terima kasih banyak Om !

Baiklah kita mulai ke pembahasan di awali dengan diterimanya beberapa foto yang berisi tiga buah scooter saling berdampingan dan disinyalir pemiliknya adalah satu orang. Tiga buah scooter itu adalah Yamaha Nouvo Elegance, Honda PCX old dan Yamaha Nmax. 



Dari depan, mmmm coba liat deh ukuran lampu utama yang menyatu dengan lampu sein pada PCX masuk kategori jumbo dengan garnish panel chrome diatasnya, windshield yang melebar dan lekuk body membulat lembut memberikan kesan PCX terlihat lebar nan elegan pada wajahnya namun ukuran ban depan 90/90-14 kelihatan kecil apalagi jika di lihat dari atas kebawah jadi seperti segita terbalik upsss, bergeser kesebelahnya ada Nmax, lampu utama yang ukuranya jauh lebih kecil dari PCX  dan lampu sein yang terpisah di posisikan pada leg shield serta lekuk bodi yang tajam lurus dan menyudut membuat tampilan wajah scooter premium punggawa pabrikan garputala ini terlihat pipih, ramping dan sporty. Aura elegan pada Nmax kurang terlihat di bagian wajahnya bagi gue ya. Ukuran ban yang mencapai 110/70-13 pun membuat bagian wajah Nmax terlihat lurus ramping saja bahkan mengotak. Kesebelahnya lagi yuk, ada Nouvo Elegance disana. Scooter yang pernah diisukan masuk Indonesia ini memang memiliki genre yang berbeda dengan dua scooter sebelumnya. Tapi tidak ada salahnya bila kita bandingkan secara visual. Lekuk body Nouvo Elegance terlihat tajam- tajam (awas ketusuk). Bentuk lampu kembarnya pun meruncing kearah bawah diikuti leg shield yang juga meruncing di bagian depanya, bentuk lampu seinya pun bak sebuah pisau namun karena perpaduan warna yang soft antara biru muda dan silver Nouvo Elegance memang terlihat elegant ya guys.



Bagian stang, ok pada PCX di biarkan telanjang (ih malu) tapi bukan sembarang telanjang, stang PCX di beri finnishing beruka lapisan chrome dan penataan kabel- kabel yang rapih membuat stang PCX tetap enak dilihat, bagaimana dengan stang Nmax ? Yamaha memberikan cover untuk stang anak ragil dari Max series ini, tapi bentuk cover yang terlalu tebal dan memiliki lekukan yang lembut terlihat tidak senada dengan body keseluruhan. Lalu Nouvo Elegance, bentuk stangnya seperti pada motor matic underbone lainya tapi bentuknya menyudut dengan indah dengan aksen visor hitam membuatnya terlihat gemana gitu.


Dari belakang bung, yah sayang Nouvo nggak ikutan terlihat hanya secuplik di atas teras tuh. Yasudah kita bandingkan kedua scooter premium ini saja untuk bagian belakang. Mulai dari kanan Nmax, bokongnya terlihat besar dan nungging (waduh) coba kita bahas dari bawah ya, ada karet bundar ukuranya 130/70-13 gambot dan terlihat semok banget banya. Terus spakbornya besar ya bentuknya ? cukup enak dilihat dengan lekukan huruf V memberikan kesan tersendiri namun diatasnya ada lampu rem yang..... kotak kurang indah. Komposisi lampu belakang terlihat flat dengan 0 % perangkat kecantikan sungguh di sayangkan, diatas lampu ada behelnya dengan kontur yang menikuti body. Lanjut ke bagian selongsong gas buang yaitu knalpot, wah punya Nmax gede juga ya guys bentuknya pun kotak dengan sudut yang membulat ujungnya kok nggak ada garnish atau extention gitu ya biar kelihatan lebih sporty lagi. 

Ok kita ke PCX, belakangnya kelihatan gemana hayo ? yup, kaya depanya juga elegant. Bainan bokongnya terlihat lebih kecil dan tidak nungging dibanding Nmax. Lampu belakang PCX memang banyak yang mengakui termasuk gue terlihat elegan dengan aksen chorme dan salmpu sein yang di pisah di bagian bawah lampu rem membuat PCX terlihat menarik di bagian bokongnya. Behel pada PCX di buat menyatu dengan body belakang kesan simpel bisa kita dapatkan di bagian ini. Untuk spakbor belakang, yah kok gitu doang tidak istimewa dan biasa saja perbedaan yang mencolok antara spakbor Nmax dan PCX adalah pada lampu penerangan plat nomornya, Nmax menyatu dengan lampu rem kalau PCX ada lampu sendiri yang menonjol layaknya motor sport. Untuk ban PCX ini sepertinya sudah di perbesar dari ukuran standar 100/90-14. Berapa besar ban belakang pada PCX di gambar tersebut gue nggak dapat infonya. Oh ya knalpot PCX ? biasa saja.


Bagian samping, yah, banyak yang ketutupan cuma Nouvo aja yang gamblang terlihat keseluruhan bagian sampingnya. Jadi yang akan di bahas adalah jok, dari ujung PCX, bentuk joknya terlihat lebar dengan tersedianya back rest mini untuk pengendara terlihat nyaman saat duduk diatasnya tapi kok untuk boncengernya jok kelihatan kecil dan pendek ya. Jok Nmax, masih di plastikin maklum masih baru, tapi seperti yang sebelumnya gue bahas jok Nmax nggak istimewa bentuknya hanya menang di lebar saja. Lalu jok Nouvo, ya kurang lebih Nmax sama dengan Nouvo malahan pada Nouvo telihat lebih banyak aksen pemanis dengan di berikanya jahitan pemisah antara pengendara dan pembonceng.

Sepertinya pembahasan mengenai perbandingan visual 3 scooter ini sampai di penghujung acara (halah). Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan para pembaca. Ok sampai disini saja awalnya dan Hapusajakhirnya...

No comments:

Post a Comment