Wednesday, March 11, 2015

Pendapat Mengenai Desain Yamaha MX King 150

Greetings...

Bertajuk King of Street, Yamaha MX King merupakan penerus dari generasi Yamaha Jupiter MX yang naik kelas mesinya dari 135cc menjadi 150cc. MX King namanya pasti terinspirasi dari sebuah motor sport 2 tak legendaris buatan Yamaha yang hingga kini gaung namanya masih di segani seantero Indonesia. Yamaha MX King 150 di rilis dengan 2 model sekaligus yaitu Yamaha MX King 150 (Model bebek sport tulen) dan Yamaha Jupiter MX 150 (Model masih mengarah  ke bebek). Kendati desainya masih kental dengan aura bebeknya tapi Yamaha sudah berusaha menggodok 2 DNA sepeda motornya menjadi 1, yaitu DNA dari sport dan bebek. wujudnya lumayan eyecatching loh...

Foto di ambil dari Iwanbanaran.com
Garis desain Jupiter MX masih sangat kentara di lekuk bodi MX King ini, sepertinya Yamaha enggan melepaskan pattern Jupiter MX sebagai motor bebek gambot. Lekuk tebeng depan sudah sangat indah dilihat di tambah lampu sein yang terletak pada leg shield membuat bagian muka dari MX King begitu menawan apalagi lampu senja yang terlihat sipit bak pandangan seekor hewan predator yang ingin menyerang, tapi ada tapinya loh ketika meliaht bagian stang agak membosankan lampu depan berdesain trapesium terbalik memberikan kesan kaku dan tidak dinamis malahan menurut gue keindahan lampu utama MX King kalah dibandingan dengan pendahulunya Jupiter MX 135. Lanjut lagi kebagian bawahnya spakbor depan desainya sudah terbilang ok dan menyatu dengan bodi, tapi nah ada lagi tapinya ukuran ban dan shockbreaker depan terlihat menghilang bila di bandingkan dengan bodi depan yang gambot. Sepertinya Yamaha masih mempertahankan ukuran ban 70/90 ini agar pengendalian stang depan yang tidak berat dan tetep lincah selap- selip di kemacetan lalu lintas jadi yang di korbankan adalah desain.

Foto di ambil dari Iwanbanaran.com
Speedometer adalah bagian yang akan paling sering dilihat oleh pengendaa saat mengendarai sepeda motornya. Pada MX King, desain speedometernya yaitu asimetrikal ala motor sport tulen dengan paduan analog pada penunjuk rpm dan layar LCD untuk menunjukan kecepatan, penunjuk bensin dan lain- lain. Sentuhan karbon pada rpmnya menambahkan kesan mewah dan sporty.  

Foto di ambil dari Iwanbanaran.com

Di lihat secara keseluruhan MX King memang keren dan julukan bebek gambot memang melekat erat di sepeda motor ini lihat lekukan bodi dari depan kebelakang nggak ada langsing- langsingnya. Dimensi MX King memang membengkak di bandingkan dengan Jupiter MX 135 pasti di karena menyesuaikan kubikasi mesin yang meningkat 15cc. 

Foto di ambil dari Iwanbanaran.com

Dilihat dari samping komposisi ukuran bodi depan sampai kebelakang runcing dan gambot dengan pusat berat terlihat di bagian depan seperti anjing bulldog. Bagian yang paling aneh menurut gue adalah karet bundarnya ukuran ban depan 70/90 dengan lebar pelek 1,65" berbanding dengan ban belakangnya 120/70 dengan lebar pelek 2,5" terlihat jomplang banget. Dibagian inilah desain MX King lemah, alasan Yamaha membenamkan roda dengan profil kecil di depan pasti karena yang telah di jelaskan di atas untuk kelincahan.
 
Foto di ambil dari Iwanbanaran.com
Bagian belakang MX King wuiiiih semok banget spakbor gantungnya menegaskan bahwa MX King bukanlah bebek sembarangan ditambah lagi lampu sein yang menonjol dengan desain yang di ambil dari NVL dan R15 keren banget. 
 
Foto di ambil dari Iwanbanaran.com
Lampu belakang dengan teknologi LED dengan desain yang berkiblat ke R25 memberikan kekuatan desain tersendiri untuk MX King. Masih untung bebek sport dari Yamaha ini masih disediakan begel belakang desainya pun terlihat keren dan sesuai dengan ekor MX King. 
 
Kesimpulanya desain MX King terlihat garang dan berbeda di bandingkan dengan motor bebek super lainya yang cenderung ke arah ayam jago. Dari rentang angka 0 -10 gue berikan 8 untuk desain Yamaha MX King ini bisa gue kasih 9 atau sampe 10 kalau bagian kaki- kaki depan sudah di rombak. Ok sampai disini saja awalnya dan Hapusajakhirnya...

No comments:

Post a Comment