Sunday, March 22, 2015

Test Ride KTM RC series

Greetings...

Bener- bener deh dua kali test ride terakhir ini gue nggak ada persiapan, yang sebelumnya test ride Yamaha Nmax disini juga dadakan dan yang ini juga tanpa persiapan yang serius. Sebenernya gue sudah mengkantongi pamflet yang berisi undangan free test ride KTM RC 200 dan 390 dari jauh- jauh hari tapi karen kemarin gue itu capek gara- gara bongkar motor temen jadinya gue mengurungkan niat untuk melaju ke Jl. Radio Dalam Raya dan memilih istirahat sembari benahin motor sendiri. Tapi tiba- tiba temen gue telepon dan dia bilang "Lu nyesel kalo nggak kesini deh" denger begitu langsung gue mandi dan geber Vixion gue keceng- kenceng biar nggak kesiangan sampe tujuan.

Ok kembali ke laptop (oh salah ya) ya kembali ke pembahasan test ride motor asal benua eropa tepatnya Austria, KTM. Bersama Revpro KTM Indonesia mengadakan acara gratis test ride produk terbaru mereka RC series. RC yang ini nggak ada ikatan darah apapun dengan Xeon RC loh ya ini beda, beda banget untuk KTM, nama RC sendiri merupakan singkatan dari Race Competition. Hmmm, ngeri ya denger singkatanya. Bagaimana wujudnya ? nanti dulu deh kita bahas mengenai spesifikasinya ya yang ada di bawah ini guys.


Ini yang 200

KTM RC 200
Displacement : 199.5 cc
Maximum Power : 24.65 Bhp @ 10000 rpm
Maximum Torque : 19.2 Nm @ 8000 rpm
Gearbox : 6-speed, claw shifted
Seat Height : 834 mm
Ground Clearance : 157 mm
Kerb/Wet Weight : 154 kg
Fuel Tank Capacity : 9.5 litres

Dan untuk yang 390 ini dia
 
KTM RC 390
Displacement : 373.2 cc
Maximum Power : 43 Bhp @ 9000 rpm
Maximum Torque : 35 Nm @ 7000 rpm
Gearbox : 6 speed, claw shifted
Seat Height : 830 mm
Ground Clearance : 157 mm
Kerb/Wet Weight : 166 kg
Fuel Tank Capacity : 9.5 litres

Nah gemana guys lihat spesifikasi dari kedua motor yang disediakan KTM Indonesia untuk test ridenya ? pasti kepala langsung geleng- geleng sendiri ngeliat power yang disemburkan mesin 1 silindernya ini. Yang 200 saja bisa nyeburin power sampe 24,64 Bhp dan yang 390 walah 43 Bhp guys, nggak beres nih. Lanjut torsinya ya lihat sendirilah dan rasa dorongan mesin ke roda belakang bener- bener maut banget.

Ok ke acara test ride lagi, sampe di tempat kira- kira jam 09:30 WIB gue di sambut temen yang sudah berada disana, dan tanpa pikir panjang langsung melakukan registrasi dan daftar untuk test ride gue pilih yang RC 390 dan temen gue dia pilih RC 200, syarat daftar untuk test ride hanya menyerahkan SIM C dan KTP itu doang simpel. Ya nggak lupa gue juga langsung keluarin kamera dan foto- foto tentunya.

Suasana booth registrasi
Ok sudah daftar dan kebagian sesi kedua dengan nomor urut 4 untuk RC 390 dan temen gue dapet urutan 2 untuk RC 200. Wah sesi kedua nih ok gue dan temen keliling- keliling lokasi dulu. Nggak usah banyak di ceritain ya lihat foto- foto ini aja.

KTM RC 200 (test ride sesi 1)
KTM RC 390 (test ride sesi 1)
Test ride sesi 1
Test ride sesi 1


Test ride sesi 1
Sebenernya dari model dua saudara KTM ini nggak ada beda, bedanya hanya pada permainan warna dan striping saja dan ketebalan jok untuk yang RC 200 terasa lebih tinggi.

OK sesi 1 selesai tapi ada istirahat sekitar 15 menit guys gue tunggu sambil, foto- foto lah hihihihi...

Ini yang nggak sabar nuggu giliran test ride

Cieee ciee cieee
Ini temen gue namanya Subhan
Ada yang mengejutkan di acara free test ride ini pemandu test ride nya menggukan motor Honda Vario 125 dan Honda Spacy ! tapi bawa motornya jan jagoooo banget bener- bener dah ! nih orangnya.

Pemandu test ride
Dari tongkrongan dan gaya berkendara yang hebat dan mengesankan (ciee) gue yakin orang ini adalah seorang pembalap.

Sip ! sesi 2 dimulai dan 2 orang pertama maju temen gue langsung siap- siap untuk test ride dan gue siap- siap mengambil foto. Sampailah di momen tersebut nama temen gue dipanggil dan jepret- jepret ! ini hasilnya.



Setelah selesai impresi yang dia rasakan dari motor 200cc 1 silinder ini luar biasa banget ! nggak kalah sama motor 250cc dari tarikan dan muntahan powernya, Subhan terkesima dengan mesin tempur dari KTM ini dia sangat puas untuk KTM RC 200 ini. Tapi permasalahanya ada pada tinggi tempat duduk, ya, RC series memiliki jarak tempat duduk ke tanah yang cukup tinggi, Subhan yang memiliki tinggi sekitar 167cm harus jinjit untuk menggapai tanah saat duduk di atas jok RC200 ini.

Nah ! sampailah saatnya, gue yang test ride RC 390, hihihihi deg- degan nih, riding gear gue pasang dan kamera gue serahkan ke temen gue untuk mengambil gambar. (Jangan tanya helm merek apa, pokoknya punya gue beda sendiri disana)




Siap- siap, selongsong gas gue geber- geber suara khas mesin 1 silinder meraung- raung di lokasi dan Cusssssss :

Akselerasi   
kopling gue buka dengan seketika, Subhanallah akselerasi dari RC390 kelewat batas jahat banget pas oper gigi ke posisi 2 roda depan ngangkat lumayan tinggi tosi sebesar 35 Nm pada putaran mesin 7000 rpm memang membuat para biker Indonesia melongo dan kaget. Bagi para pemula harus waspada pada akselerasi motor ini, bener T.O.P banget pokoknya.

Power
Muntahan tenaga 43 Bhp @ 9000 rpm terbilang dahsyat untuk ukuran mesin DOHC 1 silinder 373,2 cc tenaganya pun begitu padat berisi di setiap rentang rpm sampai mesin pun mulai teriak di rpm 11.000. Tercatat, gue memperoleh top speed hingga 107 km/h pada test ride yang di adakan di jalan raya ini, ngeri je.

Handling
Sasis motor Austria ini rigid banget nggak ada rasa limbung saat di hajar. Trek untuk test ride diadakan di jalan raya yang syarat akan keramaian gue selap- selip sana sini dengan kecepatan rata- rata 80 km/h motor ini nurut banget, nggak ada perasaan ini stang ngelawan. Shockbraker up side down yang di aplikasikan pada garpu depan memang sempurna dan mono shock di belakang juga di setting stiff alias keras jadi saat belok miring se miring- miringnya saat cornering buntut motor nggak ngebuang.   

Riding Pisition
Untuk badan gede sekalipun kaya gue nggak akan ngerasa pegal di bagian tangan. Stang yang posisinya rata sama yoke di atur sedemikian rupa agar bukaan tangan dan kemiringan tangan dirasa pas saat riding santai maupun kebut. Bentuk tangkinya pun enak buat sandaran saat nunduk abis. Tapi karena paha gue gede, saat menjepit tangki RC 390 terasa kurang nyaman. 

Impresinya ya memang beda banget sama motor Jepang, KTM RC 390 memang RUAR BIASA ! dan ini dia ada videonya..


Trek test ridenya sepanjang jalan Radio Dalam Raya lumayan panjang dan ada naik turun serta belok kanan kiri jadi pas rasanya. Ok sampai disini dulu ya nanti ada episode untuk detail KTM RC 390 beserta video suaranya terpisah semoga berguna dan dapat menjadi referensi Hapusajakhirnya...

Baca Juga :


 


















No comments:

Post a Comment