Tuesday, October 22, 2013

Sama, Rata, Setara, Seimbang ---> Adil

Greetings..

Hai para pembaca siapa pun anda dimana pun anda bagaimana kabarnya ? mudah- mudahan baik- baik saja sama seperti gue yang Insya Allah selalu baik.
Yap ! kali ini pada episode baru gue bakal membahas tentang satu kata "ADIL". Sering dengar kan ? pasti apa lagi kalian yang masih sekolah setiap hari senin kata adil ini pasti kalian ucapkan saat bareng- bareng membaca pancasila pada sila kelimanya "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia". Tapi udah pada tau belum apa sih adil itu ? dari seorang dosen pendidikan agama dulu gue pernah di kasih tau tentang pengertian Adil yang menurut gue ini yang benar beliau berkata "Adil itu tidak menyamakan dan tidak membedakan" jadi apa hayo ngerti nggak ? Mudah- mudahan ngerti ya. Tapi pada episode yang ke 8 ini gue akan bahas kata adil dalam ruang lingkup kehidupan. Sip silahkan lanjut membaca.

Kalau kalian sering nonton televisi stasiun Trans7 itu ada program yang namanya orang pinggiran, kadang- kadang naratornya bilang begini "Terkadang hidup ini tidak adil" Hah ? gue bener- bener nggak setuju banget- banget- banget- banget sama tuh kalimat yang dibacakan oleh seorang wanita itu. Mau tau alasanya kenapa gue nggak setuju ? waktu kalian SMP atau yg SMAnya ngambil jurusan IPS pasti tau mata pelajaran yang namanya Ekonomi. Pada mata pelajaran itu disebutkan suatu teori yang berbunyi begini "Besarnya modal berbanding lurus dengan besarnya keuntungan". Coba kalian pikirkan, betapa adilnya Tuhan memberikan hidup ini kepada hambanya. Contoh deh biar kalian lebih ngerti, jika ada seorang anak yang dibesarkan oleh kedua orang tua yang berkecukupan secara ekonomi, disekolahkan dengan biaya yang tidak sedikit, anak tersebut mengeluarkan energi dan pikiran yang banyak untuk bersekolah hingga sarjana, dan anak tersebut setelah dewasa menjadi orang sukses. Contoh kedua, seorang anak dilahirkan dari orang tua yang sulit secara ekonomi, anak tersebut hanya disekolahkan hingga kelas 4 SD, anak tersebut hanya berdiam diri tidak mencari ilmu dan keterampilan, anak tersebut membantu orang tuanya menanam singkong, setelah dewasa anak tersebut menjadi petani biasa. Nah ! Allah SWT itu maha adil bro dari 2 contoh aja udah keliahatan kan ?.

Jadi apa yang kalian dapat dalam kehidupan itu berasal dari apa yang kalian lakukan, itu berbanding lurus bro and sist. Kalian mau mendapatkan nilai bagus tapi hanya berdoa saja nggak belajar terus dapat hasil yang nggak sesuai keinginan, tapi misalnya kalian udah berdoa dan belajar semaleman dan dapat hasil yang buruk itu sih cobaan bro gue nggak bahas kalau masalahnya begitu. Ya hidup ini begitu adil karena Allah SWT Maha Adil.

Bila ada yang tidak setuju dengan pendapat gue yang di tuangkan dalam tulisan blog ini silahkan menuang sangkalan pendapat gue di komentar dan mohon maaf bila ada beberapa kata yang tidak sesuai di hati pembaca karena gue hanyalah manusia Special Edition. Sampai disini saja awalnya dan Hapusajakhirnya..

No comments:

Post a Comment