Saturday, November 2, 2013

DUBSTEP !

Greetings...

Kembali lagi gue mempersembahkan ke kalian episode baru. Apa yang akan di bahas di episode baru ini ? dari judul udah keliatan nih, kali ini gue akan membahas tentang musik. Musik pasti semua orang dan orang kota khususnya suka banget yang namanya musik, di rumah, di kampus, di sekolah, di dalam mobil, atau dimana pun kita sering banget ngeliat orang yang pake headset berbagai warna di telinga mereka. Musik memang membuat hidup lebih berwarna, nggak sepi, dan emosi kita bisa tersalurkan dengan mendengarkan musik apalagi para pekerja yang sering stress dengan kehidupan, musik bisa menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan stress. Terus muncul sebuah pertanyaan, Lagu apa yang mereka dengar ? Di dunia yang sudah tua ini genre musik banyak banget mulai dari pop, rock, metal, rock dan metal pun dibagi- bagi lagi,terus ada hip- hop, rap, dari Indonesia ada dangdut, keronocong pokoknya banyak banget. Kalau kalian genre lagu apa yang disukai ? Dari sekian banyak genre lagu atau musik yang ada di dunia ini ada satu genre yang gue tergila- gila, nggak tahu kenapa tapi alunan suara yang di hasilkan dari genre musik ini beda banget langka dan unik, apa itu ? Nama genrenya Dubstep, apa kalian sudah pernah dengar ? kalau sekarang pasti kalian pernah dengar karena iklan- iklan di televisi Indonesia banyak yang menggunakan Dubstep sebagai background song mereka.



Apa itu Dubstep ?

Dubstep merupakan genre musik baru dalam musik electronic dance. Jenis musik ini merupakan bentuk baru dari musik elektronik yang mengkombinasikan heavy bass, synthesizer, keyboard, turntables dan hard-hitting drum tracks dan dengan sisipan vokal yang sangat tidak dominan. Saya menggunakan kata aslinya karena saya takut mengurangi maksud aslinya. Allmusic mendefinisikan genre ini sebagai berikut:
“tightly coiled productions with overwhelming bass lines and reverberant drum patterns, clipped samples, and occasional vocals.”
Dubstep berasal dair London bagian selatan tetapi tersebar dengan sangat cepat ke wilayah Eropa Barat dan Amerika Utara karena dipublikasikan ddi BBC Radio oleh DJ Mary Anne Hobbs. Bermula dari tahun 90an atau awal 2000an, ternyata dalam waktu singkat musik ini dapat memenuhi bumi, disukai banyak orang dan pada akhirnya mampu menghasilkan kreatifitas tarian baru yang ber-genre Dubstep Dance. Kata Dubstep sendiri merupakan kombinasi dari kata "dub" dan "2-step" karena asalnya dubstep diciptakan dari proses dub remixes terhadap jenis musik elektronik 2-step Garage di London.
dikutip dari http://blog.reysiahaan.web.id
Kalau kalian penasaran bagaimana alunan nada dari Dubstep ini kalian bisa dengar lagu- lagu karya dari beberapa musisi di bawah ini :

1. Skrillex










2. Zomboy












3. Flux Pavillion













4. Nero















Dari keempat contoh musisi diatas yang membawakan lagu bergenre Dubstep yang gue paling suka itu Zomboy. Nada yang dia bawakan paling berwarna dan emosional banget. Jadi lagu- lagu karya dia lah yang paling gue sering denger saat sendiri, bosen atau saat perjalanan gue dari gedung parkir kampus ke gedung tempat kuliah di pagi hari, Lagu dubstep wajib ada di telinga gue. Ok sampai disini saja awalnya dan Hapusajakhirnya...

No comments:

Post a Comment