Tuesday, March 11, 2014

Mengenal Pribadi

Greetings...

Banyak yang berkata janganlah memilih- milih untuk berteman, tetapi pada kenyataanya apakah kalian mengikuti pepatah itu ? Jujur saja penulis tidak mengikuti dan cenderung melanggar jauh pepatah itu. Penulis sendiri benar- benar orang yang memilih untuk berteman maka bersyukurlah kalian yang sudah merasa menjadi teman saya. Berteman, bergaul atau apalah itu memang membutuhkan suatu kecocokan serta keserasian tersendiri untuk dapat menjadi benar- benar teman, sahabat bahkan sudah dianggap sebagai keluarga. Disini suatu pertanyaan muncul, mengapa kalian menganggap orang itu cocok untuk menjadi teman anda ?

Selanjutnya membahas mengenai pergaulan tidak terlepas dari bagian terkecilnya,yaitu pribadi. Pribadi seseorang menurut sebuah teori dari ilmu psikologi manusia yang mungkin kalian sudah tahu bahwa bila seorang individu yang sedang berinteraksi dengan individu lain itu hanya menampakan 20% dari sifat aslinya, nah terus dimana lagi sisanya ? percaya atau tidak 80% sifat seorang individu akan di tunjukan pada saat dia sedang sendirian atau dapat dibilang tersembunyi. Seorang individu cenderung akan menyembunyikan sifat aslinya dan hanya menampakan sifat yang sekiranya mereka rasa baik untuk dipandang oleh individu lain. Pada akhirnya bila kalian mendengar seseorang berkata "Tidak ada yang saya sembunyikan" itu berarti orang tersebut memiliki sebuah rahasia dan kalimat tersebut digunakan sebagai alibi agar kalian tidak ada keinginan untuk menggali apa yang sedang disembunyikan oleh orang tersebut.

Jadi, bila kalian sudah merasa kenal dekat dengan seseorang maka janganlah bersedih karena orang yang anda kenal itu hanya menunjukan sekiranya hanya 1% sampai paling besar 75% dari sifat  mereka. Orang yang sudah menikah sekalipun dan sudah hidup bersama bertahun- tahun bahkan puluhan tahun, penulis yakin mereka baru mengenal sekitar 85% sampai 99% sifat pasangan mereka. Ya, itulah kodrat manusia sebagai mahkluk individu selain manusia sebagai mahkluk sosial.

Rasa penasaran pasti akan muncul ketika kalian baru mengenal seseorang dan ingin tahu apa kesukaan orang tersebut dan apa- apa saja yang dia lakukan itu adalah hal yang wajar dan kebanyakan dari kalian akan mengatakan orang yang sudah kalian kenal itu orang baik jika obrolan kalian nyambung satu sama lain. Itu adalah keputusan atau kesimpulan yang sangat premature, kalau hanya dari obrolan saja menurut penulis seorang individu akan mengeluarkan sekiranya hanya 1% sampai 5% sifat mereka dan kalian tidak mengetahui kurang lebih 90% dari sifat dia.

Memang bagitulah adanya, nah, jika kalian tidak menginginkan seseorang menyumbunyikan sesuatu dari diri kalian maka cobalah untuk terbuka dan kelurakan ya kira- kira 70% dari sifat kalian agar teman- teman atau orang- orang disekitar anda tidak memiliki prasangka yang aneh- aneh kepada diri anda karena terlalu tertutup atau misterius. Pilihlah untuk menjadikan seseorang sebagai teman, sesuaikan dengan diri anda, carilah teman yang membawa anda pada hal- hal positif. Menyembunyikan rahasia itu perlu tapi jangan sampai orang- orang disekitar anda tertarik untuk mencari tahu apa yang kalian sembunyikan, buatlah mereka nyaman dengan sifat yang kalian tampakan meskipun itu hanya sekian persen.

Ok semoga bermanfaat dan Hapusajakhirnya...

No comments:

Post a Comment